Visual Basic 6.0

Sejarah Visual basic diawali dari pengembangan bahasa BASIC (Beginers All-Purposee Symbolic Instruction Code) di Dartmount College, Amerika Serikat pada awal tahun 1960. Sejak semula Basic dirancang untuk mudah dipelajari. Pada awal tahun 1975 muncul computer pribadi (Per’sonal Computer/PC) pertama, bermerek MITS Altair. Namun karena hanya memiliki RAM 4 KB, satu-satunya bahasa yang digunakan untuk pemograrrman adalah Assembly, bahasa ini sangat sulit untuk dipahami karena perintahnya mendekati bahasa mesin.
Tentu hal ini sangat menghambat perkembangan komputer pribadi. Bill Gate dan Paul Allen melihat potensi yang sangat besar pada komputer pribadi di masa depan. Keduanya menciptakan BASIC untuk Altair. Ternyata sambutan masyarakat sangat baik dan akhirnya keduanya mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak dibidang software yang bernama Microsoft.
Pada tahun 1982 IBM/PC diperkenalkan kepada masyarakat, Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk komputer ini. Dimana didalamnya disertakan pila bahasa basic yang dikenal sebagai Quick Basic (QBASIC). Zaman pun berganti, pada tahun 1990 era DOS berlalu dan digantikan era Windows.
bemerek MITS Altair. Namun karena hanya memiiiki RAM 4 KB, satu-satunya bahasa yang digunakan untuk pemograman adalah Assembly, bahasa ini sangat sulit untuk dipahami karena perintahnya mendekati bahasa mesin.
Tentu hal ini sangat menghambat perkembangan komputer pribadi. Bill Gate dan Paul Allen melihat patensi yang sangat besar pada komputer pribadi di masa depan. Keduanya menciptakan BASIC untuk Altair. Temyata sambutan masyarakat
sangat baik dan akhirnya keduanya mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak dibidang software yang bemama Microsoft.
.           Pada tahun 1982 IBM/PC diperkenalkan kepada masyarakat, Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk komputer ini. Dimana didalamnya disertakan pila bahasa basic yang dikenal sebagai Quick Basic (QBASIC) Zaman pun berganti, pada tahun 1990 era. DOS berlalu dan digantikan era Windows.

Dari perkembangan ini akhirnya Microsoft membuat basic versi Windows, bahasa pemograman Basic ini dikenal dengan nama Visual Basic. Versi terakhirnya adalah Visual Basic 6.0 for Windows 98.

About hombarpakpahan

student
This entry was posted in Konsep Dasar Bahasa Pemograman Visual Basic 6.0 | Sejarah Visual Basic, Visual Basic 6.0. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s