India Ancam Larang Blackberry Messenger

<!–[if !mso]> st1\:*{behavior:url(#ieooui) } <![endif]–>

Setelah Uni Emirat Arab, kini giliran India yang mengancam akan melarang penggunaan Blackberry Messenger (layanan pesan Blackberry). Departemen dalam negeri negara itu mengaku telah menghubungi Research in Motion (RIM) Ltd, perusahaan pembuat ponsel asal Kanada itu, guna memberitahukan kemungkinan menghentikan sementara layanan tersebut.
Alasan keamanan nasional membuat India melakukan hal ini. Negara itu meminta RIM untuk bertemu dan memberikan jaminan bahwa pemerintah India dapat memantau layanan pesan telepon selular ini.
Awalnya, pemerintah India memberi waktu hingga Agustus. Namun, tenggang waktu diundur hingga Oktober. Kini pemerintah negara tersebut kembali mengundur tenggat waktu hingga Januari. Pasalnya belum ada titik temu antara Pemerintah India dan RIM.
India memiliki peraturan khusus agar semua perusahaan penyedia komunikasi- bukan hanya RIM- agar menginstal servernya di dalam negeri. Hal ini bertujuan agar pemerintah bisa dengan mudah memperoleh data penggunanya.
Sementara itu, pihak RIM, mengaku optimistis akan menemukan solusi terbaik mengenai peraturan ini dengan pemerintah India. RIM yakin tak perlu mengubah apapun dari sistem keamanan Blackberry dan membuat perjanjian khusus terkait akses komunikasi dengan negara tertentu.

About hombarpakpahan

student
This entry was posted in BlackBerry, Messenger. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s