CPNS provinsi kabupaten dan kota di Sumatera Utara

 MEDAN-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memperkirakan, pelaksanaan tes CPNS provinsi, kabupaten dan kota di Sumatera Utara paling cepat pekan ketiga November atau selambat-lambatnya akhir November 2010.

Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN-RB, Ramli Naibaho menjelaskan, masalah pelaksanaan tes sangat tergantung dari kesiapan masing-masing daerah. Pemerintah hanya memerintahkan, agar pelaksanaan tes dilakukan serentak untuk seluruh kabupaten/kota yang dikoordinasikan di tingkat provinsi. “Ya, paling cepat pekan ketiga, paling lambat akhir November,” terang Ramli Naibaho di Jakarta, kemarin (2/11).
Mengapa harus pekan ketiga? Ramli menjelaskan, saat ini proses seleksi masih pada tahapan memerinci jabatan formasi CPNS masing-masing daerah, yang dilakukan Kementrian APN-RB. Mulai pekan ini, secara bertahap, rincian jabatan untuk masing-masing daerah sudah ditetapkan. “Diupayakan dalam pekan ini sudah selesai semua,” ujar Ramli.
Rincian jabatan formasi CPNS yang dimaksud, misalnya formasi Sumut. Sebelumnya Kepala Bidang Pengadaan dan Pembinaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Utara, Pandapotan Siregar, menjelaskan, jumlah formasi CPNS 2010 sebanyak 7.209 CPNS. Formasi itu merupakan jumlah total yang dibutuhkan  oleh 32 pemerintah daerah di Sumut.
Dari jumlah itu, tenaga guru yang paling banyak dicari dengan total 3 ribu kursi. Menyusul kemudian kemudian kebutuhan tenaga teknis mencapai 2.009 kursi serta tenaga kesehatan 1.957 orang. Nah, yang dimaksud rincian jabatan, dari 3 ribu guru yang dibutuhkan itu, berapa untuk guru TK, SD, SLTP, SMU, dan seterusnya. Untuk 1.957 tenaga kesehatan, berapa misalnya untuk dokter, berapa perawat, berapa bidan, dan seterusnya. Untuk dokter, masih harus dirinci lagi berapa dokter spesialis, dokter umum, atau dokter gigi.Rincian ini juga sudah termasuk rincian penempatan penugasan. Misalnya, sekian guru untuk sekolah A, B, C, dan seterusnya.
Dijelaskan Ramli, setelah rincian jabatan ini selesai, disusul kemudian tahapan formasi CPNS yang dari tenaga honorer. Targetnya, rincian untuk honorer ini selesai pada pertengahan November. Dengan demikian, jadwal tes paling cepat baru bisa dilakukan sekitar pekan ketiga.
Masih terkait dengan seleksi CPNS, Ramli mengatakan, keinginan pemerintah pusat untuk melakukan seleksi CPNS di daerah dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tahun ini, tampaknya tidak bisa terealisasi secara keseluruhan. Selain keterbatasan sistem IT, daerah-daerah banyak yang belum paham dengan sistem CAT. “Kami sebenarnya ingin sistem CAT bisa diberlakukan di daerah juga. Tapi karena keterbatasan infrastruktur berarti ditunda tahun depan,” kata Ramli.
Untuk di pusat, menurut Ramli, sudah banyak instansi yang menggunakan sistem CAT, seperti Kementerian Luar Negeri, BKN, Kepolisian, dan beberapa lagi yang lain. “Dengan sistem CAT, pelamar langsung bisa tahu nilainya. Jadi tidak perlu menunggu pemeriksaan lagi oleh pihak PTN,” ujarnya.
Pernyataan Ramli tersebut dibenarkan Wakil Kepala BKN Eko Sutrisno. Menurut dia, sistem CAT merupakan salah satu upaya reformasi birokrasi yang dilakukan BKN. Penggunaan CAT sebagai upaya untuk memudahkan penghitungan skor yang diraih masing-masing peserta dengan tetap mengedepankan objektivitas, keakuratan, kecepatan dan transparansi dalam prosesnya, sekaligus upaya antisipasi terjadinya KKN.
“Proses penilaian dalam sistem CAT berlangsung objektif, transparan dan tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasilnya. Penggunaan sistem ini juga dapat menghapus rumor kalau tes CPNS berlangsung penuh kecurangan,” terangnya.
Gunakan Internet
Syarat penerimaan CPNS di Pemko Medan dipastikan tidak akan berbeda dengan syarat tahun sebelumnya. “Sama seperti tahun-tahun lalu. Ya seperti SKCK, surat kesehatan dan sebagainya,” ungkap Kepala BKD Medan, Lahum Lubis, kemarin.
Lahum berharap, pendaftaran CPNS formasi tahun 2010 sudah dilakukan via internet. “Kita sebenarnya mengharapkan pendaftaran bisa via internet. Jadi pelamar-pelamar itu secara otomatis sudah tidak gagap teknologi. Itu salah satu kelebihannya. Kelebihan lainnya adalah lebih praktis,” jelas Lahum lagi.
Apakah untuk penerimaan CPNS tahun ini memperbolehkan warga dari kabupaten lain, atau malah dari provinsi lain dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berasal dari daerah si pelamar ?
Penerimaan CPNS 2010 ini tetap menerima pendaftar dari luar Kota Medan. “Kalau dari daerah lain, bisa-bisa saja. Tapi lebih baik mencoba di daerahnya masing-masing, karena setiap daerah juga memiliki kuota penerimaan CPNS. Nah kalau lah nantinya yang diterima misalnya dari Semarang atau provinsi lainnya, apa ada jaminan CPNS itu akan betah tinggal di Medan,” tutur Lahum.
Lahum tidak menutup kemungkinan, pihaknya akan tetap bekerja sama dengan Universita Indonesia (UI).
“Kita menunggu soal itu dari Menpan. Kalau tahun lalu denga UI, kemungkinan dengan UI juga masih terbuka lebar,” tutupnya.
Dari Provsu, Kepala BKD Provsu Drs H Suherman MPd menegaskan, sebagai koordinator, pihaknya memastikan jadwal pelaksanaan ujian CPNS 2010 di Sumut dilakukan serentak.
“BKD Sumut hanya memastikan jadwal mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman berlangsung serentak di seluruh kabupaten/kota di Sumut. Untuk kabupaten/kota, pelaksanaan CPNS merupakan tanggungjawab Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yaitu bupati atau wali kota,” ucapnya yang kemarin didampingi Kepala Pengadaan dan Pembinaan BKD Provsu Pandapotan Siregar SH. BKD Sumut sendiri akan bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU).
Kepala BKD Kabupaten Sergai, Drs H Ahmad Zaki MAP, merincikan dari 350 CPNS yang bakal diterima, formasi untuk guru paling banyak yaitu 130 orang untuk semua bidang studi, tenaga kesehatan 95 orang dan tenaga tekhnis seperti S1 eksakta, Sospol, D3 Komputer, akuntansi dan sebagainya.
Zaki berpesan kepada calon pelamar untuk tidak melayani oknum yang mengaku pejabat ataupun yang mengaku bisa mengurus kemenangan seleksi CPNS.
“Masyarakat jangan mau dikelabui oknum yang mengaku mampu membantu memasukkan seseorang menjadi CPNS dengan memberikan imbalan sejumlah uang. Nama saya pernah dicatut oknum untuk memuluskan agar tenaga honorer bisa menjadi CPNS dengan memberikan uang dari Rp7,5 juta sampai Rp35 juta,” bebernya.
Sedangkan Kepala Bidang Program dan Mutasi di BKD Binjai, Bahrin, menjelaskan, jumlah CPNS yang diterima tahun 2010 kebanyakan tenaga guru. “Tenaga guru di Kota Binjai masih kurang, makanya kita usulkan formasi guru yang lebih banyak,” kata Bahrin.
Untuk tenaga honorer tambah Bahrin, statusnya masih sama yakni menunggu putusan dari Menpan. “Kita sudah melakukan pendataan tenaga honorer untuk jadi PNS dan kita dapati sebanyak 154 tenaga honorer. Setelah kita ferifikasi, berkurang menjadi 117 dan dari 117 inilah yang menunggu putusan Menpan, apakah memenuhi syarat atau tidak,” ucapnya.
Sekretaris BKD Tebing Tinggi Fadlan menegaskan, daerahnya hanya menerima calon untukkualifiksi pendidikan D-III dan Strata 1.

Sementara Kepala BKD Kota Tebing Tinggi yang dihubungi kemarin, Drs Amas Muda, belum bisa memberi keterangan. “Kita Tunggu saja keputusan dari Menpan karena belum ada penetapan,’’ bilang Amas Muda

 sumber : http://www.hariansumutpos.com

Kata kunci pencarian berita ini:

About hombarpakpahan

student
This entry was posted in CPNS Sumatera Utara. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s